Kartu Keluarga (KK)

Comments: 124 comments

124 comments to Kartu Keluarga (KK)

  • Dionisius RM Sinaga  says:

    Ingin informasi tentang syarat dan prosedur penambahan anggota keluarga di KK saya (No. 3573021609100010 – Jl. Kedondong 5 RT.02/RW.05 Bareng-Klojen) karena penikahan. Istri saya dari Surabaya dan masih menetap di Surabaya karena pekerjaan dan pernikahan tercatat di Catatan Sipil Surabaya. Terimaksih.

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Prosedur untuk penambahan anggota keluarga ke KK adalah sebagai berikut:
      1) Kelahiran : melampirkan Fotokopi Surat Kelahiran dari kelurahan, atau Fotokopi Akte Kelahiran.
      2) Pindah datang : melampirkan Surat pindah dari tempat asal. Kalau Istri Bapak domisili Surabaya, maka harus mengurus terlebih dahulu Surat pindah di Dispenduk Surabaya. Untuk selanjutnya berdasarkan surat keterangan pindah tersebut dijadikan dasar untuk penambahan anggota keluarga.

      • Rony  says:

        mohon untuk di upload doc kependudukan ada contoh seperti form isian KK udah ada ,KTP mohon d upload semua nya untuk format nya bentuk extensi doc, xls trims

  • ratri  says:

    Butuh informasi untuk mengurus surat keterangan pindah ke luar kota. Domisili awal malang. Tujuan pindah Probolinggo. Terimakasih.

    • Ma'ruf  says:

      ratri : oh gampang kok, cek di olx.co.id aja

  • Ary  says:

    KK saya ada yang salah dalam penulisan alamat, bagaimana prosedur pengurusannya?
    Karena tidak tertulis diatas.

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Sehubungan pertanyaan Saudara Ary tanggal 13 Februari 2013, dapat kami sampaikan bahwa untuk pembetulan salah alamat di Kartu Keluarga (KK), maka Saudara bisa mengajukan pengurusan KK baru yang mengetahui RT, RW, dan Kelurahan setempat. Untuk blanko KK bisa diambil di Kelurahan / Kecamatan.

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Sehubungan pertanyaan Saudara Rendy tanggal 12 Februari 2013, dapat kami sampaikan sebagai berikut:
      Tulisan “Anak ke-“ di Akte Kelahiran mengacu pada anak ke-(berapa) dari pasangan (Suami-Istri). Jadi dari pertanyaan Saudara diatas berhubung anak pertama dari Saudara Rendy dan istri kedua, maka di akte harusnya ditulis anak ke-1 (satu) perempuan/laki-laki sah dari suami-isteri Rendy-(nama Istri Kedua).
      Sekian.

  • deasy  says:

    gmn cra ngurus perpindahan penduduk dr srby k mlg, sedangkan sy udh pnya e-KTP domisili malang, , tp setelah d cek d kelurahan nama sya tidak terdaftar d kel. tsb
    alasan kelurahan tsb d karenakan wktu ngurus e-KTP kk yg d gunakan kk lama *mohon bantuanya

    • om jon  says:

      sebaiknya cek database di kantor dispenduk capil…cek status kependudukan, kalo sudah terdaftar ya..lajut saja

  • juned  says:

    jika istri punya anak dari mantan suaminya, sianak dalam KK saya ,untuk nama bapaknya nya saya atau mantan suami istri saya

  • sila  says:

    masalah …
    kartu keluarga saya itu sudah buram , dan bagaimana cara untuk mendapatkan nomor NIK yang ada di ksk saya ?

    • mbah joyo  says:

      setahu saya sih…tinggal bawa ke dispenduk kalo tidak ada perubahan elemen data..tapi kalo ada perubahan maka seperti bikin KK baru dari isi blanko kemudian tanda tangan RT RW dan Luirah aja

  • rezza  says:

    mohon info tentang cara penambahan anggota dlm KK untuk istri kedua saya (poligami)

    terimakasih
    rezza

    • masiyo  says:

      setahu saya sih…kalo poligami bisa dibuatkan KK…namun perlu diingat kalo istri kedua dinikahi secara siri..maka status istri di KK bukan ISTRI/ KAWIN..namun lain2 ..dan KK akan dibuat 2 buah dimana satu KK adalah suami istri pertama (biasanya kawin resmi) dan KK lainnya bagi istri kedua sebagai kepala keluarga..jadi suami terdaftar di KK yang pertama karena adanya NIK mengakibatkan seseorang tidak bisa memliki 2 NIK…

  • yulisa kuryanto  says:

    Saya mau pindah dari Bontang Kal-tim ke malang. Saya sudah mengurus surat pindah dari Bontang dapat surat pindah. Kurang apa kelengkapan yang harus saya siapkan.

  • karina febrianty  says:

    saya mau pindah dari malang ke madiun. kelengkapan apa saja yg harus saya lengkapi.

    • masiyo  says:

      setahu saya sih…minta pengantar ke RT RW untuk ke Kelurahan dan Kecamatan, setalah itu dibawa ke kantor dispenduk untuk dibuatkan surat pindah ke kota yang dituju…(ada daerah yng mensyaratkan SKCK bagi penduduk pendatang) jadi disiapkan juga SKCK nya…KTP dan KK akan ditahan di kecamatan..

  • arian edwin  says:

    Kemarin saya mau buat passport, tetapi diminta KK yang baru. apakah memang ada KK yang baru ? setahu saya kalo tidak ada perubahan, KK tetap. trims.

    • om jon  says:

      cek dulu mas….NIK yang di KK dan di KTP…kalo NIK nya berbeda…sudah seharusnya perbaruan KK nya…selain itu setahu saya..KK itu harus dikeluarkan oleh instansi Dispenduk bukan oleh camat lagi…gitu kira2…

  • ummu  says:

    Sy istri ke-2 yg sah scr agama dan negara,suami sy sdh menguruskan KK namun knp dlm KK sy tdk dicantumkan nama suami sama sekali,tp justru sy yg tertulis sbg kpl keluarga.Dan bgmn nasib anak-anak sy nanti,apakah ttp bs mendapat haknya dr ayahnya? mhn jwbn,trimakasih.

    • Setiadi  says:

      menurut saya, berhubung anda istri kedua, dalam KK anda, suami anda tidak d cntumkan karena suami anda memiliki KK tersendiri dengan Istri pertamanya (karena tidak diperbolehkan data ganda), dan soal nasib anak2 anda, itu sesuai kesepakatan keluarga anda,
      oh iya status anda dalam KK anda apa???
      maaf ya pak/ bu Admin klo sudah mengutarakan pendapat saya…..

  • ario gede  says:

    kartu keluarga hilang…ya dilaporkan ke rt rw kel kec supaya dibuatkan yang baru..

  • lukman  says:

    saya mempunyai 2 istri. Saya masuk didlm KK bersama istri kedua. Dan dalam KK istri pertama, nama saya tdk tercantum disana sehingga kepala keluarga adl istri pertama. Bgm caranya supaya nama saya juga tercantum di KK istri pertama sebagai kepala keluarga? Perlu diketahui bahwa saya sdh mempunyai KTP di kota istri kedua. (beda kota). Atas penjelasannya terimakasih.

    • indra  says:

      maaf ya pak/bu Admin,,,
      Setahu saya dalam satu KK tidak boleh ada 2/lebih istri, apalagi kasus anda berada di 2 kota yang berbeda, Istri Pertama Anda di A, dan Istri Kedua anda di B dimana tempat anda berdomisili sekarang, KK akan dibuat 2 buah dimana satu KK adalah suami istri(sesuai kesepakatan istri 1 atau 2) dan KK lainnya bagi istri kedua sebagai kepala keluarga..jadi suami terdaftar di KK yang telah disepakati karena adanya NIK mengakibatkan seseorang tidak bisa memliki 2 NIK…

  • lucia  says:

    Saya butuh KK baru krn dibutuhkan segera untuk membuat paspor. Berapa lama untuk mengurus KK yg baru ?

    • cleoo  says:

      kalo persyratan lengkap..dulu ku pernah ngurus cuman 4 hari

  • Yuni  says:

    Mohon dibantu solusi Pak / Bu,
    Saya diberi nomor KK sebagai referensi pembuatan e-KTP, kemudian nomor tersebut hilang dan untuk hardcopy KK belum saya urus ke Capil. Bagaimana mengurusnya lagi ? Apakah cukup membawa e-KTP

    • cleoo  says:

      kayaknya cukup e-ktp bisa..soale di kantor dispenduk sudah ada database kependudukan

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Sebelumnya apa Saudara tinggal di Kota Malang atau Kabupaten Malang?
      Karena situs ini dikhususkan bagi warga Kota Malang.
      Jika Saudara belum melakukan perekaman e-KTP, Saudara bisa melakukan perekeman di Kecamatan tempat Saudara berdomisili, dan kalu bisa
      sambil membawa fotokopi KK.
      Demikian jawaban kami, semoga bisa membantu.

  • andi  says:

    masalah penulisan nama di KK itu gmna

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Jika yang Saudara maksud di KK terjadi kesalahan penulisan nama, maka Saudara bisa memperbaikinya dengan melakukan pengurusan KK baru.
      Persyaratannya:
      - KK lama (asli)
      - Mengisi formulir KK (F1.01)
      - Jika terjadi ralat nama/tanggal lahir harus disertai bukti pendukung berupa fotokopi akte kelahiran atau fotokopi ijasah atau yang lain.
      - Formulir KK tersebut diketahui oleh RT,RW dan Kelurahan
      Setelah berkas lengkap, Saudara bisa membawa ke Kecamatan tempat Saudara berdomisili.

  • herbi  says:

    dari kantor imigrasi mau membuat pasport umroh, diminta membuat KK versi Dispenduk capil. Syarat, cara, biaya, berapa lama ?

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Untuk pembuatan KK baru berikut persyaratannya:
      - KK lama (asli)
      - Mengisi formulir KK (F1.01)
      - Jika ada perubahan pada KK harus disertai bukti pendukung.
      - Formulir KK tersebut diketahui oleh RT,RW dan Kelurahan
      Uktuk pengurusan KK gratis alias tidak ada biaya.
      Setelah berkas lengkap, Saudara bisa membawa ke Kecamatan tempat Saudara berdomisili, dan jika lolos verifikasi petugas, Saudara akan diberikan bukti pengambilan disertai tanggal kapan KK tersebut jadi/selesai. Sekian dan terima kasih.

  • satoe djiwa  says:

    onosogrem bos.apakah masih ada biaya2 lain selain biaya yang sudah di informasikan/tercantum di atas?
    mohon info selengkapnya,trima kasih.

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Sesuai Perda No. 1 Tahun 2011 Tentang Retribusi Jasa Umum,
      pengurusan KK (Kartu Keluarga) untuk WNI (Warga Negara Indonesia) adalah Gratis/tidak ada biaya.
      Sedangkan pengurusan KK bagi WNA (Warga Negara Asing) adalah sebasar Rp 50.000;

  • hilman  says:

    persyaratan untuk daftar bagi WNA dan Akta NIkah yang harus dipenuhi, kami sudah nikah di KUA Kec. Blimbing, kami urus ini untuk persyaratan kepengurusan itas. terima kasih sebelumnya

  • rocky andaya aris  says:

    salam,

    saya ingin menanyakan mengenai No KTP/ NIK saya yang berbeda pada Kartu Keluarga ( NIK KTP LAMA) dan yang tertera pada E-KTP yang saya dapatkan.

    apakah NIK yang baru ( E-KTP) tetap berlaku meski berbeda dengan yang tertera pada KK ?
    bila tidak berlaku, bagamana prosedur serta berapa lama untuk mengurus agar disesuaikan dengan yang berlaku ?

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Maaf tapi sebelumnya dimana Saudara berdomisili? Di Kota Malang? Kabupaten Malang? Atau yang lain?
      Jika antara NIK di e-KTP dengan NIK di KK Saudara tidak sama, ada kemungkinan KK Saudara merupakan KK
      lama.
      Kami sarankan agar Saudara melakukan pengurusan KK baru.
      Jika masih kurang jelas, Saudara bisa menanyakan langsung ke Dispendukcapil tempat Saudara berdomisili.
      Terima kasih.

  • Suzy  says:

    Bagaimana syarat penggabungan Kartu Keluarga?
    Kami 1rmh memiliki 2 Kartu Keluarga, ingin digabungkan menjadi 1 Kartu Keluarga karena anggotanya sudah tua² dan pensiun.

    Mohon pencerahan, terima kasih.

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Untuk penggabungan KK, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
      - Mengisi formulir KK (F1.01).
      - Membawa KK asli, melihat kasus diatas berarti 2 (dua) KK asli.
      - Formulir F1.01 diatas harus ditandatangani Kepala Keluarga, RT, RW, dan Kelurahan.
      - Jika ada perubahan di KK seperti penambahan anggota atau pengurangan anggota, harus disertai dokumen
      dokumen pendukung.
      - Setelah lengkap, Saudara bisa membawa berkas tersebut ke Kecamatan tempat Saudara domisili, atau langsung ke Dispendukcapil Kota Malang.
      Demikian semoga bisa membantu.

  • aina  says:

    assalamualaikum….
    mau tnya,,…
    klo ganda sama KTP ganda bisa nggak di hapus salah satu…
    KTP asli warga malang tp KTP ganda warga KALSEL sama warga BLITAR semua masih berlaku, dan data2 asli ada di malang sbg kepala keluarga dan stts kawin. sedangkan di kalsel di tulis sbg anak dan stts jejaka, yg di BLITAR jga sama stts jejaka….
    nah ni masalahx orangx mnikah lg dan memiliki SURAT NIKAH asli sedangkan istrinya tidak di ceraikan….
    tp semua persyaratanx untuk mnikah semua palsu…
    nah untuk ektp dah dpt panggilan tp orangx gak dtng bisakah orang tsb membikin EKTP yg baru dengan data2 yg palsu??
    mohon infonya

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Maaf, sebelumnya yang Saudara maksud ‘Malang’ itu Kabupaten Malang atau Kota Malang?
      Dengan asumsi domisili Saudara ada di Kota Malang, akan lebih baik jika Saudara datang langsung ke
      kantor Dispendukcapil Kota Malang Jl. Mayjen Sungkono – Arjowinangun, Bagian Informasi Lantai 2 untuk
      menjelaskan permasalahan Saudara.
      Terima kasih.

  • awie  says:

    mohon bantuan nya untuk pengurusan surat pindah dari kota malang ke balikpapan.
    kemarin istri saya sudah ngurus segala persyaratan buat surat pindah dari kota malang ke balikpapan,untuk berkas semua udah ada di kantor dispenduk.
    kemarin setelah di titipkan untuk pengambilan ternyata masih ada data yang kurang yaitu pengurusan SCKC, sebelumnya tidak ada info. sekarang istri saya udah ada di balikpapan.
    apakah bisa dispenduk mengeluarkan surat pindah tanpa SKCK karena istri saya sudah di balikpapan.
    thanks .

    • om jon  says:

      kalo setahu saya..yang namanya SKCK itu tergantung daerah yang dituju, saya pindah kota malang tidak diminta SKCK kog

  • mulyono  says:

    minta blanko onlem Kartu Keluarga

    • Admin Dispendukcapil  says:

      formulir KK bisa didownload pada menu “Formulir”. Terdapat 2 file (halaman depan dan halaman belakang). Formulir ini dicetak dengan menggunakan ukuran kertas F4. Setting printer sebagai berikut:
      Page scalling : Actual Size
      Paper size : US Folio

  • mariana  says:

    Kalau ngurus kk yg hilang bagaimana? Butuh brapa hari? Trimakasihmm

  • mariani  says:

    Saya mau tanya ortu saya umur 53 dan 49 tahun sampe saat ini tdk pernah punya KTP maupun KK. Karna tiap x mau urus sllu diminta surat pindah dr daerah asal sdgkan kami uda 20 tahunan menetap dijakarta…bgmn agar bisa peroleh KTP dan KK tanpa data2 apapun?mohon dibantu…terimakasih

  • widiono  says:

    mau tanya,di dalam kk terbaru terdapat tanda tangan siapa saja ya?

  • widiono  says:

    di dalam KK terbaru terdapat tanda tangan siapa saja ya?

  • dian  says:

    anak saya lahir di mojokerto, kemudian ktp dan kk saya dan suami masih ikut kodya malang, bagaimana syarat kepengurusan akta kelahiran anak saya? bisakah dengan surat keterangan kelahiran dari rumah sakit di mojokerto lalu akta kelahiran diurus di malang?

  • Risa  says:

    Dear All,

    Saya memiliki seorang anak di luar pernikahan yang sekarang berusia 5 bulan. masalah saya adalah laki-laki yang menghamili saya tidak bertanggung jawab dan meninggalkan saya sehingga saya tidak memiliki status pernikahan saya.
    Pertanyaan saya adalah :
    1. Apakah saya bisa membuat Kartu keluarga dengan menggun akan nama saya sebagai kepala keluarga & mencantumkan nama anak saya di Kartu Keluarga tersebut ?
    2 Bagaimana Prosedur untuk pembuatan Kartu Keluarga tersebut?
    3. Apakah anak saya bisa mendapatkan Akta kelahiran tanpa saya memiliki seorang suami?

    Saya sangat menunggu jawaban Anda, karena Jawaban anda sangat membantu saya.
    Terima kasih atas bantuannya.

    Hormat saya
    Risa

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Saudara tetap bisa membuat KK dimana Saudara menjadi kepala keluarga dan
      memasukkan anak Saudara di KK tersebut.
      Untuk pengurusan KK, Saudara bisa mengisi formulir KK (F1.01), mengetahui
      RT-RW-Kelurahan, disertai KK Asli Saudara sebelumnya.
      Tentunya jika terdapat perubahan, harus dilampirkan berkas-berkas pendukung.
      Semisal, jika ada pindahan harus disertai Surat Pindah. Jika ada anggota
      keluarga yg meninggal harus disertai fotokopi surat kematian dari kelurahan.
      Jika ada penambahan anggota baru, contoh anak yg baru lahir, harus disertai
      fotokopi surat kelahiran dari kelurahan, dll.
      Jika sudah lengkap, Saudara bisa membawa berkas-berkas tersebut ke Kecamatan
      tempat Saudara domisili.
      Untuk Akte Kelahiran, Saudara tetap bisa mengurus akte kelahiran anak Saudara
      meski lahir di luar nikah. sebagai catatan, di akte kelahiran anak Saudara nantinya
      akan ditulis sebagai anak seorang ibu (nama ayahnya tidak dicantumkan)
      karena tidak bisa menunjukkan surat nikah.
      Satu lagi yg perlu diperhatikan adalah tempat dimana anak saudara dilahirkan.
      Karena saat ini pengurusan akte kelahiran masih menggunakan asas peristiwa,
      maka pengurusan akte kelahiran dilakukan di tempat terjadinya kelahiran.
      Misal, jika anak Saudara lahir di wilayah Kota Malang, maka pengurusan
      akte kelahiran dilakukan di Dispendukcapil Kota Malang.
      Demikian, semoga bisa membantu.

  • catur  says:

    Pak, Mohon jawaban apakah no kartu keluarga akan berlaku selamanya meskipun sudah ada perubahan domisili?Misal saya sekeluarga dari malang (KK dikeluarkan oleh dipenduk malang) kemudian saya sekeluarga pindah ke bogor (dengan pengajuan surat pindah).
    Mohon agar jawaban juga bisa di kirim via email saya.tq

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Yang berlaku selamanya itu NIK, pak. Bukan Nomor KK.
      Jadi semisal Bapak pindah dari Malang ke Bogor, maka NIK Bapak yg di Malang itulah
      yang nantinya tetap dipakai di Bogor.
      Demikian, terima kasih.

  • aresta  says:

    Pak..saya ingin bertanya. Jd begini..kami pindah tugas dari Samarinda ke Solo..satu keluarga(3 orang..saya, istri, dan anak saya). Dan sudah mendapat surat pindah dari CAPIL samarinda. Permasalahannya adalah KTP istri ganda (msh berlaku semua). Sedangkan saat ini ∂i Solo istri sudah punya E KTP dan KK kota solo pun jg ada (ikut orangtuanya). Mohon solusinya…bisakah dicoret salah satu nama istri saya dlm surat pindah sy atau bgaimana pak ?

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Maaf pak, pertanyaan ini sebenarnya salah alamat. Karena situs ini adalah
      situs Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang.
      Terkait permasalahan Bapak (data ganda), lebih baik Bapak bertanya ke
      Dispendukcapil Kota Samarinda, atau mengunjungi situs Dispendukcapil Kota Samarinda.
      Demikian, terima kasih.

  • Bayu  says:

    Pak…..
    Sy ingin solusinya..sy pindahan dari jakarta timur ke malang tepatnya kepanjen karena ada kesalahan penulisan alamat maka sy menuruti saran catatan sipil di kepanjen guna kembali ke jakarta minta pembetulan ( dari walikota jak-tim sampai kelurahan) katanya berkas sudah tidak ada lagi karena KTP dan lainya sudah di sobek(dihilangkan)sy diminta untuk mengurus di tempat tujuan alamat tertulis..setelah sy urus, data saya pndahan ternyata tidak ada/blm masuk di tempat alamatnya konfirmasi dgn staff kantor terpadu malang!!….akhirnya sy disarankan kembali ke jakarta untuk menanyakan lagi……..!!!!! pertanyaan saya dengan kemajuan admin sekarang kok tambah ruwet dan perlakuan pingpong yg gak jelas…waktu,dan biaya malah besar….akhirya saya putus asa tidak mengurus sampai sekarang…sudah hampir 8 bln…dan sesuai dgn uu kependudukan harusnya saya sudah dapat KTP/KK baru….mohon penjelasanya………..

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Maaf sebelumnya, pertanyaan Saudara salah alamat karena situs ini merupakan
      situs Dispendukcapil Kota Malang.
      Dan terkait permasalahan Saudara yg pindah ke Kepanjen yg masuk wilawah Kabupaten Malang,
      maka Saudara bisa menanyakan permasalahan Saudara ini ke situs Dispendukcapil Kabupaten Malang
      di “http://dispenduk.malangkab.go.id/“.
      Demikian, semoga bisa membantu.

  • riki  says:

    Yth.Dispendukcapil..

    Maaf..saya mau tanya:
    Saya sekeluarga mau pindah ke kota malang..dr daetah asal kami udah urus cabut berkas termasuk E-ktp kami di taraik..nah pertanyaannya. Apakah kami nanti akan mendapatkan E-ktp baru atau tidak dr kota malang? Atau ktp biasa (bukan e-ktp) dan jika dapat E-ktp baru berapa lama waktunya?

    Terimakasih..
    Salam
    Riki

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Jika Saudara sudah melakukan perekaman e-KTP di kota asal, maka Saudara tidak perlu
      melakukan perekaman e-KTP ulang di Kota Malang.
      Untuk sementara, Saudara bisa menggunakan KTP model lama (non elektronik) terlebih dahulu.
      Mengenai kapan cetak e-KTP Saudara yang sesuai alamat baru (Kota Malang), akan dilakukan
      setelah alat cetak (printer dan blanko e-KTP) tersedia.
      Demikian, terima kasih.

  • riki  says:

    Terimakasih atas jawabannya..disdukcapil kota malang jooss semoga bisa dicontoh daerah lain…semoga tetap bersih / gratis dalam mengurus administaratif kependudukan dan cepat prosesnya….

  • Aswir  says:

    Assalamu alaikum..
    Mw brtnya, bgaimn cara mngetahui no kartu keluarga seseorang lwat online, krn untuk mendatangi rumah warga kayaknya memerluhkan waktu yang lama..trima kasih

  • desi  says:

    ass… saya mau tanya
    kalo biaya pembuatan kk dan akte kelahiran ank di bawah 1 tahun brapa ya? trimksi… seblm nya

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Maaf sebelumnya, anak Ibu lahir di kota mana ya?
      Tolong informasinya diperjelas.

  • Eva  says:

    Selamat sore, saya mau tanya.. Saya ingin memperbaharui KK dari KK lama (kecamatan) ke KK baru (capil). Apa saja persyaratan yang harus dibawa? Terima kasih

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Untuk perbaruan KK, maka Saudara mengisi formulir pengisian KK (F1.01), mengetahui RT-RW-Kelurahan.
      KK asli disertakan, ditambah data-data pendukung. Semisal jika menambah data anak yg baru lahir, maka disertai fotokopi akte kelahiran/surat kelahiran. Atau jika ada anggota yg berkurang, misal meninggal, maka disertai fotokopi surat kematian dari Kelurahan.
      Jika sudah lengkap, Saudara bisa membawa berkas-berkas tersebut ke Kecamatan (bagian KTP/KK).
      Demikian semoga bisa membantu.

  • joshlim  says:

    saya baru mengurus kartu keluarga dan ktp baru pindahan kekota bandung…saya mau tanya mengenai keabsahan kartu keluarga dan ktp saya? apa bisa dibantu melihat data saya ? nmor kk saya 3273061810130015….trima kasih infonya saya agak ragu soalnya saya mengurusnya menyuruh orang (pengurus)

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Maaf sebelumnya, situs ini merupakan situs dari Dispendukcapil Kota Malang. Dan terkait pertanyaan Saudara yang domisili Kota Bandung, maka lebih baik Saudara tanyakan ke Dispendukcapil Kota Bandung.
      Demikian, terima kasih.

  • Dian R  says:

    Mohon info untuk ralat NIK dan KK, karena di Nik keponakan tanggal lahir tidak sesuai dengan akte lahir. Otomatis di Kk juga salah.
    Selain itu di KK jugs ada kesalahan ejaan nama ibu harusnya SOELASTRI di Tulis SULASTRI begitu juga untuk tanggal lahir harusnya 1931 ditulis 1932 demilian juga dikolom nik juga salable padahal di lembar. Nik benar.
    Kami tinggal di jl Piranha Atas. Kelurahan Tj. Sekar kecamatan Lowokwaru.
    Terima kasih infonya.

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Untuk kesalahan penulisan nama di KK, Saudara bisa melakukan perubahan KK (mengetahui RT/RW/Kelurahan) dengan mengisi blanko F1.01 dilampiri data pendukung seperti ijasah/surat nikah.
      Sedangkan untuk ralat NIK agar sesuai di akte, kami mengundang Saudara agar datang langsung ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang Jl. Mayjen Sungkono dengan membawa berkas-berkas pendukung.
      Demikian, terima kasih.

      • Dian R  says:

        Terima kasih atas informasinya

  • emeh  says:

    Kk saya hilang. Dan siapa yang memegang fotocopy nya selain saya .trimakasih

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Saudara bisa menanyakan arsip-nya di RT/RW atau di Kecamatan.
      Demikian, terima kasih.

  • Ichwan R.  says:

    Bagai mana pengurusan tambah KK Surabaya untuk anak yang lahir di luar kota tempat kelahiran ibunya? karena saat pengurusan di jombang petugas minta anak masuk KK dulu dan terus saya urus di Surabaya petugas minta jadi Akte kelahiran dulu baru nanti bisa masuk ke KK. mohon petunjuk dan solusinya. terima kasih

  • zaki  says:

    pak gimana caraya mengecek data kartu keluarga melaui internet

  • zaki  says:

    pak bagaimana cara mengecek falidasi nomer NIK kartu keluarga, terima kasih

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Untuk mengecek validasi NIK dan Kartu Keluarga, silakan menghubungi atau datang langsung ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tempat yang bersangkutan berdomisili.
      Terima kasih.

  • dimas  says:

    prosedur ganti nama pada kartu keluarga itu bagaimana? trima kasih

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Mengisi formulir F1.01 (form KK), mengetahui RT-RW-Kelurahan, disertai KK asli dan dokumen pendukung ubah nama tadi seperti fotokopi akte kelahiran/ijasah/surat nikah.

  • nauval  says:

    td tgl 22 januari sya mengurus kk,tp ternyata ketika sya cek data tanggal lahirx salah,gmn y solusix,truz untuk persyaratan pembuatan akta kelahiran itu ap harus fto kopi kedua orang tuanya ato ckup satu saja,terima kasih

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Maaf sebelumnya, Saudara mengurus KK itu dimana? Tolong pertanyaannya diperjelas.

  • octia nuraeni  says:

    Maaf pak saya ingin bertanya, masalah saya yaitu perbedaan Akta kelahiran dengan e-Ktp. pada Akte kelahiran dan Ijazah saya namanya Octia Nuraeni namun pada e-Ktp, SIM, dan rekening bank Octia Nuraini.

    Apa yg harus saya lakukan terlebih dahulu pak untuk memperbaiki kesalahan pada penulisan nama tsb, saya takut menemui masalah pada saat mengurus surat skripsi S1 nanti. Mohon jawabannya, terima kasih.

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Kami sarankan agar Saudara memperbaiki KK Saudara terlebih dahulu, dimana dasar perubahan nama di KK diambil dari akte kelahiran/ijasah (dengan asumsi nama di akte/ijasah sudah benar).
      Kemudian, apakah Saudara warga Kota Malang atau kota lain? Jika Saudara warga Kota Malang, dan e-KTP terjadi kekeliruan (misal salah nama), maka e-KTP tersebut bisa dikembalikan ke Kecamatan dan sementara yang bersangkutan menggunakan/mengurus KTP model lama sembari menunggu alat cetak e-KTP tersedia.
      Jadi intinya, Saudara harus memastikan nama di database kependudukan sudah benar terlebih dahulu.
      Demikian, terima kasih.

  • suratman  says:

    Kepada yth:
    Bapak / ibu
    Saya mau bertanya mengenai prosedur untuk mengurus kartu kelurga yg hilang.apa saja dokumen yg harus saya lengkapi dan kira2 berapa lama prosesnya? Demikian pertanyaan dari saya.sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Maaf sebelumnya, apakah Saudara penduduk Kota Malang?
      Jika iya, untuk pengurusan kk hilang, Saudara bisa mengisi formulir pengisian KK (F1.01) disertai surat pernyataan bahwa KK hilang, mengetahui RT-RW-Kelurahan. Dan jika ada perubahan, maka disertai berkas-berkas pendukung.
      Jika sudah lengkap, berkas diatas bisa dibawa ke Kecamatan bagian KTP/KK.
      Terima kasih.

  • arief  says:

    assalamu’alaikum, mohon bantuannya pak/ibu admin…. sya mempunyai masalah dengan pembuatan KK dan e-ktp dikarenakan info dari petugas mengatakan bahwa KK dan KTP lama kami itu palsu, bagaimana cara kami dapat peroleh yg resmi? mohon bantuan dan arahannya

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Akan lebih baik jika Saudara datang langsung ke Dinas Kependudukan tempat Saudara berdomisili, sambil membawa KK/KTP Saudara.
      Terima kasih.

  • M Ikbal Subekti  says:

    Dengan Hormat,

    Saya tinggal di Jakarta dan mempunyai KTP Jakarta sekaligus KK jakarta, nama kedua anak saya muncul juga.Sedangkan waktu itu Istri saya tinggal di surabaya dan nama anak2 juga juga ada di KK yang dikeluarkan kota surabaya, Ketika saya dan istri beserta anak2 mau pindah ke depok, ternyata saat mengurus KTP dan KK mengalami kesulitan, karena nama anak2 kami ada di masimg2 KK yang berbeda (NIK ganda), bagaimana jalan keluarnya?

    Mohon solusinya,

    Hormat Kami,

    M. IKbal subektii

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Maaf sebelumnya, situs ini merupakan situs dari Dispendukcapil Kota Malang.
      Kami sarankan Saudara menghubungi Dispendukcapil tempat Saudara berdomisili saat ini.
      Terima kasih.

  • Siska  says:

    Pak saya mau bertanya di KK nama saya dan bbrp anggota keluarga juga salah penulisannya, itu bagaimana ya pak untuk memperbaikinya, dan di bawa ke mana??dan masalahnya di E-KTP saya jg namnya salah krn mengikuti KK itu pak, mohon penjelasanya??

  • galih  says:

    mau tanya ni, saya dan istri sama2 warga malang kota, sudah menikah, dan baru saja mempunyai anak, permasalahannya waktu pengurusan pindah KK, KK asli dari keluarga istri hilang, yg ada hanya lembar kedua punya RT, waktu tanya ke kelurahan, cukup bikin surat kehilangan tertulis dengan materai dan sepengetahuan RT RW, bagaimana contoh surat tertulisnya??? dan apa bisa langsung mengurus akte lahir anak dan dimasukan ke KK baru? trima kasih sekali min

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Maaf sebelumnya, bisa Saudara jelaskan, pindahnya itu darimana kemana?
      Tolong informasinya diperjelas.
      Terima kasih.

      • galih  says:

        dari jl manyar ke sigura-gura, sama sama kecamatan sukunnya

      • Unggul Wibawa  says:

        Saya adalah penduduk kota Malang. Saat ini KK saya adalah KK yang ditandatangani oleh Camat. Saya dengar ada KK format baru yang ditandatangani oleh Kadispenduk. Benarkah itu? Dan kalau benar, langkah-langkah apa saja yang harus saya lakukan untuk mengganti KK lama saya, terimakasih

  • CAK WIN  says:

    untuk keperluan perbanyakan file Formulir KK/KTP yang diUNGGAH SEHARUSNYA dengan RESOLUSI TINGGI … bukan LOW RES sehingga SAAT diunduh tetap jelas dan tajam…. terima kasih ….

  • lisa  says:

    Pak.. saya bermaksud mengurus KK baru (punya saya masih KK model lama)dan saya diberitahu bhw ada peraturan baru ttg syarat pengurusan KK baru yaitu meminta bukti pelunasan PBB th 2014. Apakah info ini benar? KTP saya masih KTP model lama krn meskipun sdh melakukab perekaman data tp ternyata e-KTP saya tdk ada. Bbrp bulan lg KTP ini hbs masa berlakunya. Apakah saya hrs mengurus perpanjangan KTP model lama? Bgmn prosedurnya? Terima kasih

    • Unggul Wibawa  says:

      Saya adalah penduduk kota Malang. Saat ini KK saya adalah KK yang ditandatangani oleh Camat. Saya dengar ada KK format baru yang ditandatangani oleh Kadispenduk. Benarkah itu? Dan kalau benar, langkah-langkah apa saja yang harus saya lakukan untuk mengganti KK lama saya, terimakasih

      • Admin Dispendukcapil  says:

        Betul pak, jika KK Bapak masih KK model lama (yang ditanda tangani camat), sangat disarankan agar Bapak melakukan pengurusan KK model baru (ditanda tangani Kepala Dinas Kependudukan).
        Prosedurnya adalah sebagai berikut:
        1. Mengisi formulir pengisian KK (F1.01), bisa minta di kelurahan.
        2. Formulir F1.01 ditandatangani oleh RT-RW-Kelurahan
        3. Jika ada perubahan, misal perubahan tanggal lahir, perubahan nama, ada yang pindah, dll. harus dilampiri berkas perndukung.
        4. Jangan lupa KK lama yang asli juga dilampirkan.
        5. Jika sudah lengkap semua, berkas bisa dibawa ke Kecamatan.
        Demikian, terima kasih.

  • ananto  says:

    Slmt malam, sy beragama kristen, sdh cerai dg istri, dan sdh urus kk baru dg anggota kel hanya anak sy dari mantan istri dan sy sbg kepala keluarga (nama mantan istri sy sdh tdk ada lg di kk yg baru. Dan saat ini sy menikah lg secara islam di kua dg istri baru sy yg beragama islam dan dalam ktp sy masih tertera agama kristen, apa bisa sy masukkan istri sy ke dlm kk sy dg agama yg tertera di ktp nya islam. Persyaratan apa saja yg hrs sy lengkapi utk menambah anggota (dlm hal ini istri sy yg dlm ktp nya beragama islam) ke dalam kk sy. (Sy dan anak sy yg beragama kristen). Mohon penjelasannya. Terimakasih

  • surya  says:

    sy mau tny,sy mau tny brp biay yg hrs sy kluarkn untk buat kk bru dikntr kcmtn?ktp sy udh e ktp,skd sy udh slsai dikntr dispukcapil.

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Di Kota Malang, pengurusan KK dan KTP tidak dikenakan biaya alias GRATIS.
      Demikian, terima kasih.

  • vesty  says:

    sya mau tanya Pak/Bu. sya ini istri 1 dan sya punya 2 anak, sya sulit utk buat kk karena suami sya sdh memiliki kk dgn istri yg ke 2 dimana dlm kk trsbt trdpat data anak2 sya dan nama ibu dr anak sya bkn nama sya tetapi nama istri ke 2. bagaimana?mohon penjelasannya

  • Arief  says:

    Assalamualaikum…!
    pak maaf mau tanya sya punya istri orang subang, sedangkan sy orang mauk-tangerang. sy berniat mau bikin KK baru yg berdomisili di mauk-tngerang. kira2 persyaratannya dan biayanya brapa ya pak?

  • iwan  says:

    cara mengurus Surat pindah dari kabupaten Malang ke Kota Malang tapi Kartu Keluarga hilang .. mohon pencerahannya

  • Tita  says:

    Selamat Siang….
    Anak saya saat ini berusia 10th. Nama Pada Akte Kelahiran dan KK Berbeda. Pada akte tertulis “Ayunda Rahma Aprillia” sedang pada KK tertulis “Rahma Aprillia”. Padahal kami sudah mempunyai KK terbaru yang berwarna biru. Apakah bisa dilakukan penambahan/edit nama pada KK, sementara anak saya sudah mempunyai NIK? mumpung anak saya blm mempunyai E-KTP dan Ijasah SD, sehingga kesalahan pada KK tidak berkelanjutan.
    Terima kasih

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Jika nama di akta kelahiran sudah benar, maka Saudara bisa melakukan perubahan nama di KK (karena dasar perubahan nama di KK adalah dari akta kelahiran).
      Untuk perubahan nama tidak berpengaruh kepada NIK.
      Jangan lupa saat pengurusan perubahan KK, Saudara sertakan fotokopi akta kelahiran anak Saudara.
      Sebagai tambahan, biasanya saat daftar sekolah, biasanya pihak sekolah minta fotokopi akta kelahiran si anak agar nantinya data nama/tgl.lahir di ijasah sesuai dengan di akta kelahiran.
      Demikian, terima kasih.

  • Budi  says:

    saya ingin tanya, apakah bisa seorang anak yg semula masuk KK ayah dan ibu kemudian dipindahkan ke KK nenek dan kakek dari si anak tersebut? kalau bisa apa syaratnya

    • Admin Dispendukcapil  says:

      Apakah KK si ayah dengan KK si kakek berada dalam satu kelurahan? Jika beda kelurahan, maka harus diurus surat pindah si anak terlebih dahulu. Tapi kalau berada dalam kelurahan yg sama, yg dibutuhkan adalah KK asli si ayah dan KK asli si kakek, nantinya ada 2 pengajuan KK baru dan akan dibuatkan KK baru si ayah, dan KK baru si kakek (dimana si anak ikut).
      Demikian, semoga bisa membantu. Terima kasih.

  • Mariyanah  says:

    Mau tanya knp NIK sy ganda?ini baru tau setelah sy mau bikin kartu BPJS.Nama sy MARIYANAH,alamat Jl. Matahari RT.005/006 Sudimara Pinang, Pinang Kota Tangerang. NIK:3671064101670004, No KK:3671061009070226. Menurut informasi kantor BPJS terdapat nama,tgl dan bulan sama tapi tahun lahir beda.jadi sy tdk bisa mengurus kartu BPJS kecuali ada surat keterangan dari Disdukcapil kota tangerang.kok bisa ganda NIK sy?mohon jawaban segera krn sy butuh kartu BPJS untuk berobat

  • dian  says:

    Pak admin, mau nanya klo misalkan ada warga pindahan dari luar kota malang..dimana kita bisa minta data/ mengetahui alamat asal sebelum masuk kota malang? terimakasih?

  • ninna  says:

    saya penduduk kota malang, akan pindah ke kota semarang, e ktp saya hilang, apa saja yang harus saya urus untuk dapat pindah ke semarang. terima kasih

  • TATOK  says:

    selamat malam,
    mohon keterangannya untuk pengurusan KK baru,karena saya mau menambahkan nama istri saya ke dalam KK dan minta petunjuk dari kelurahansesuai prosedur setelah saya minta surat keterangan pindah dari kota asal dan semua berkas sudah siap kata orang di kantor lurah masih dikenakan biaya sekitar 50rb sampai 70rb.
    terima kasih

  • darno  says:

    pak, saya dulu warga malang, sekarang pindah domisili ke depok. saya mau minta tolong temen saya untuk urus cabut/pindah ktp saya dari malang,bisa minta tolong diinfokan syarat2 berkasnya apa saja.. kata temen saya butuh sidik jari dari kepolisian juga..
    terimakasih infonya

  • idrus  says:

    Pak saya mau tanya pak, istri saya orang surabaya dia mau lahiran di surabaya, tapi kami ga punya KK buat akte lahir anak kami.
    Apakah saya bisa taru nama istri saya dii KK orangtua saya di jakarta dengan saya dan document apa saja yg harus disiapkan?
    Dan saya butuh akte lahir anak saya untuk keperluan visa
    Sangat saya tunggu jawaban dari admin
    Karena birokrasi buat urusan ini terlalu banyak, karena isi saya mengandung jadi ga bisa banyak jalan.

    Terimaksih dan sangat saya tunggu jawabanya pak

  • yayan  says:

    pak ,bagaimana yah caranya mengubah urutan keluarga.? Di keluarga saya ada 6 orang urutan 1 hrs nya anak pertama ,tpi malah ada d urutan ke 5. Urutan k 2 malah ada di urutan k 3. Sulit banget diperbaikinya. Petugas desa dan kecmatan pun kebingungan ngurusinya. Trims.

  • Sanyoto Singowiguno  says:

    Saya lahir tanggal 29 Maret 1959 alamat di Kel.Purwantoro Blimbing Kota Malang.
    NIK di KK tertulis 3573012903590004 sedang NIK di E KTP tertulis 3573012903540003, mana yang betul ? bagaimana cara membetulkannya supaya sama ?

  • kautsar  says:

    Bisakah mencetak KK secara online?

  • Ma'ruf  says:

    saya warga irak, sekarang lagi di slovakia, dua bulan lalu sy berada di aljazair. skrg rencana saya mau pindah ke tulungagung. berkas apa saja ya yg harus saya siapkan? trims.

  • sisca putri  says:

    mau bikin kk sama akte anak,tapi surat nikahny malah hilang,bisa ga!??

  • Anne Mary  says:

    Saya mau buat KK baru atas nama saya sebagai kepala keluarga karena sudah pisah dengan suami. Apa status saya nanti jika saya hanya bisa membuktikan akte pernikan gereja saja tanpa ada surat cerai dari pengadilan ? Mohon petunjuknya..terimakasih.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>