Tugas Pokok dan Fungsi

Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil melaksanakan tugas pokok penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang kependudukan, pencatatan sipil, dan transmigrasi.

Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil mempunyai fungsi :

  1. Perumusan/pelaksanaan kebijakan teknis kependudukan pencatatan sipil;
  2. Penyusunan dan pelaksanaan Rencana Strategis dan Rencana Kerja Tahunan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  3. Pelaksanaan pendaftaran penduduk;
  4. Pelaksanaan pemberian Nomor Induk Kependudukan (NIK);
  5. Penerbitan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Tanda Penduduk Khusus;
  6. Pelaksanaan penerbitan dan pengelolaan dokumen catatan sipil;
  7. Pencatatan mutasi penduduk dan perubahan data-data penduduk;
  8. Pengumpulan dan pengolahan data penduduk dengan hak akses;
  9. Pelaksanaan dan fasilitasi transmigrasi;
  10. Pengelolaan sistem dan pelayanan informasi kependudukan;
  11. Pelaksanaan penyuluhan kependudukan dan catatan sipil;
  12. Pelaksanaan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kependudukan;
  13. Pelaksanaan pencatatan sipil;
  14. Pelaksanaan kegiatan bidang pemungutan retribusi;
  15. Pelaksanaan administrasi umum meliputi penyusunan program, ketatalaksanaan, ketatausahaan, keuangan, kepegawaian, rumah tangga, perlengkapan, kehumasan, kepustakaan, dan kearsipan;
  16. Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM);
  17. Penyusunan dan pelaksanaan Standar Pelayanan Publik (SPP);
  18. Pelaksanaan fasilitasi pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan/atau pelaksanaan pengumpulan pendapat pelanggan secara periodik yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas layanan;
  19. Pengelolaan pengaduan masyarakat bidang kependudukan & catatan sipil;
  20. Pemberdayaan dan pembinaan jabatan fungsional;
  21. Pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas dan fungsi;
  22. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Walikota sesuai tugas dan fungsi.
Print Friendly