Dispendukcapil Kota Malang Rekam E-KTP di Dua LP

Category: BeritaFitur

Lowokwaru, MC – Untuk kesekian kalinya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang mengambil langkah proaktif guna menyukseskan progaran E-KTP. Kali ini giliran narapidana (napi) lembaga pemasyarakatan (LP) Lowokwaru kota Malang, kelas 1A yang melakukan rekam E-KTP.

Salah satu napi LP Lowokwaru melakukan salah satu rangkaian rekam data E-KTP

Sebagaimana diketahui, bahwa ratusan napi di LP tersebut diketahui banyak warga Kota Malang yang Nomor Induk Kependudukan (NIK) tidak masuk data base. Sebelumnya juga dilakukan di LP Wanita, Sukun Kota Malang. Proses e-KTP itu dilakukan di dalam lingkunganLP Lowokwaru. Ratusan napi pun secara tertib dan bergantian langsung melakukan perekaman data E-KTP.

Kepala Dispendukcapil kota Malang, Rahman Nurmala, Jum’at (20/04/2012) kepada wartawan mengatakan, bahwa saat ini ada 415 penguni LP Lowokwaru Malang yang melakukan perekeman data sidik jari, iris mata, dan foto e-KTP. Untuk memfasilitasi proses perekaman data, Dispendukcapil, memanfaatkan alat bantuan khusus E-KTP keliling yang diteriamnya dari pemerintah pusat. “Kita harus cepat selesai. Karena sisa waktu kita hanya tersisa 10 hari,” katanya.

Nurmala menambahkan, untuk saat ini, pihaknya fokus untuk memfasilitasi warga yang tidak bisa datang ke kecamatan masing-masing untuk perekaman data E-KTP ini, termasik warga LP Lowokwaru dan LP wanita Sukun. “Dalam minggu-minggu ini kami akan menyisir atau jemput bola untuk mendatangi warga kota Malang yang jumlahnya sekitar 15 persen yang belum melakukan rekam data E-KTP,” jelasnya.

Dispendukcapil Kota Malang, menargetkan, untuk pengurusan e-KTP di LP Lowokwaru bisa selesai dalam waktu dua hari. “Proses e-KTP tergolong lambat karena alat yang kita miliki hanya ada satu alat e-KTP mobile. Agar lebih cepat, petugas Dispendukcapil berharap bisa meminjam alat di sejumlah kecamatan,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang penghuni LP Lowokwaru, Nur Wahyudi mengaku, dirinya merasa senang dengan kedatangan petugas dari Dispendukcapil ke lingkungan LP Lowokwaru. Karena dia tidak bisa melakukan rekam E-KTP di luar LP. “Saya dan teman-teman penghuni LP Lowokwaru ini sangat mengapresiasi positif apa yang dilakukan oleh Dispendukcapil ini, dan memang seharusnya seperti ini, yaitu pihak pemerintah lebih atau bisa proaktif,” ucapnya. (say/dmb)

Print Friendly
QR Code - Take this post Mobile!
Gunakan kode QR (Quick Response) unik dengan perangkat pintar Anda. Kode akan menyimpan url dari halaman web ini ke perangkat untuk berbagi ponsel dan penyimpanan.